N4LDI Thank's Atas Kunjungan & Dukungan Anda Selama Ini, Semoga Yang Ada Diblog Ini Berguna & Digunakan Sebaik - baiknya. Jangan Lupa Comment & Follownya..

Mengembalikan File Terhidden (tersembunyi) karena Virus

Ini juga mungkin sudah banyak yang tahu. Tapi ga papa kan?? He.. he..

Mungkin akibat terkena virus, suatu kali file kita kok hilang. Nah mungkin itu disembunyikan oleh virus. Atau menjadi beda ukurannya. Sebelum yakin itu file kita kita cek dahulu file typenya. Jika Application tapi iconnya bergambar icon doc, xls, jpg,berarti itu virus. Jangan jalankan, ntar malah aktif. Bersihkan dahulu virusnya. Setelah kita bersihkan virusnya mungkin kok file kita belum kembali. Mari kita cek dahulu apakah disembunyikan atau tidak.

Sebenarnya yang menjadikan file kita tersembunyi adalah atributnya. Atribut yang ada yaitu arsip, read only, sytem dan hidden. Jika atributnya Cuma hidden, masih bisa kita lihat dengan bentuk samar jika kita aktifkan show hidden files pada folder option pada explorer. Namun dengan adanya pencampuran atribut system dan hidden sehingga menjadi superhidden, maka file tidak akan tampak walau show hidden files diaktifkan. Nah untuk merubahnya sebenarnya tidak sulit kok. Yaitu:

1. Jalankan Command Prompt. Dari Start  Run ketikkan command. Atau dari Start  All Program  Accessories  Command Prompt.
2. lalu Ketikkan drive/folder tempat file yang kita cari
3. Misal di drive D. ketik “cd d:” (tanpa kutip) lalu enter
Sehingga menjadi:
D:\>
4. JIka terdapat di dalam folder lain misalnya folder data. Ketik “cd data” lalu enter. Sehingga menjadi:
Sehingga menjadi:
D:\data>
5. Misal kita mencari file aku.txt yang hilang. Kita cek dahulu ada tidak file kita di folder itu. Ketik “attrib” lalu enter.
D:\data>attrib
Sehingga akan muncul daftar file dengan atributnya.
6. Jika ada tinggal kita rubah saja atributnya. Dengan cara mengetikkan “attrib aku.txt –s –h” lalu enter
D:\data>attrib aku.txt –s –h
Karakter (-) berfungsi untuk menghilangkan atribut
Kita juga bisa merubahnya menjadi (+) untuk menset atrubutnya kembali. Artinya –s –h menjadikan atribut system dan hidden hilang.
7. Silahkan cek, file anda sudah tampak kembali.

Kita juga bisa menggunakan cara itu untuk menyembunyikan file kita. Tinggal rubah saja karakter (-) menjadi (+). Tapi kalau yang lain sudah tau percuma ya. He… he… tapi ga papalah. Kan gak semua tahu..

Cara itu juga pernah saya coba untuk mengembalikan file terhidden dalam flashdisk yang ada virusnya. Sebelunya matikan dahulu fungsi autorun/autoplay-nya.
Caranya yaitu sama seperti diatas. Setelah file kembali terlihat. Copy saja melalu Command Prompt. Missal file penting.doc
F:\>copy penting.doc d:
Ini akan mengcopykan file pentingku.doc dari flashdisk ke drive D.
Setelah dicopy, scan aja flashdiknya. Biar virusnya hilang.

NB: Sebaiknya jangan buka Flashdisk lewat Explorer karena ada antivirus yang akan mendeteksi secara langsung, sehingga dalam beberapa kasus virus hilang tapi datanya juga hilang. Makanya coba buka lewat Command Prompt. Dan sebelumnya install dahulu antivirus yang heebat agar tidak bisa menembus system kita.

Semoga bermanfaat. Mungkin ada yang mau menambahi. Ya karena perkembangan teknologi dan virus juga tidak berhenti….

0 komentar:

Posting Komentar

 free web counter Counter Powered by  RedCounter