N4LDI Thank's Atas Kunjungan & Dukungan Anda Selama Ini, Semoga Yang Ada Diblog Ini Berguna & Digunakan Sebaik - baiknya. Jangan Lupa Comment & Follownya..

Monitoring Serangan Hacker Ke Jaringan Dengan Snort

Monitoring Serangan Hacker Ke Jaringan Dengan Snort

Snort merupakan salah satu software favorit yang digunakan untuk memproteksi network dari serangan hacker. Proteksi tambahan ini cukup memadai untuk menghindari serangan hacker pada umumnya.

'SNORT' merupakan salah satu software untuk mendeteksi intrusi pada system, mampu menganalisa 'real-time traffic' dan logging ip, mampu menganalisa port dan mendeteksi segala macam 'serangan' dari luar seperti buffer overflows, stealth port scans, CGI attacks, SMB probes, OS fingerprinting. secara default nya snort mempunyai 3 hal yang terpenting yaitu :

(1) paket sniffer, seperti tcpdump, iptraf dll
(2) paket logger, yang berguna untuk paket traffic dll
(3) NIDS, deteksi intrusi pada network.


1.1 Pengenalan
Snort bukanlah software yang sulit, tapi perlu banyak latihan karena banyaknya 'command-command' yang harus digunakan, tujuan dari pembuatan artikel ini untuk membuat user lebih mudah untuk mengenali 'snort'.

1.2 Instalasi
download paket yang terbaru dari snort.org, saya disini menggunakan snort 2.0.0

# wget -c http://www.snort.org/dl/snort-2.0.0.tar.gz

jangan lupa juga mendownload rules terbaru.

# wget -c http://www.snort.org/dl/rules/snortrules-stable.tar.gz

extract dan install paket snort

# tar -zxvf snort-2.0.0.tar.gz ; cd snort-x.x.x ; ./configure ; make ; make install

untuk lebih lengkap nya silahkan baca ./configure --help secara default snort akan terinstall di /usr/local/bin/snort

1.3 Paket Sniffer
fyuh, mari coba pelajaran dasar dulu ;) jika anda ingin menampilkan TCP/IP header ke layar ( mis. sniffer mode ), coba perintah ini:

# snort -v

command di atas akan menjalan snort dan hanya akan menampilkan IP dan TCP/UDP/ICMP header, tapi jika anda mau melihat transit data coba dengan command ini
# snort -vd

instruksi tersebut akan menampilkan transit data, tapi jika anda mau lebih spesifik coba dengan


# snort -vde


1.3 Paket logger
ok, command-command di atas mungkin hanya sebagai pengenalan, pada instruksi diatas ada kasus dimana kita tidak mungkin melihat ke layar setiap menit nya ;) oleh karena itu dibutuhkan log, sebelum nya buat direktori 'log' di direktori kerja anda sekarang

# mkdir -p log
# snort -dve -l ./log


Jika instruksi diatas dijalankan, tetapi anda belum membuad direktory log, maka snort akan segera berhenti dengan keterangan 'ERROR: log directory './log' does not exist', jika berhasil, snort akan menyimpan setiap paket ke dalam direktori-direktory IP address, jika sistem anda memiliki beberapa network tetapi anda hanya ingin memonitor network tertentu saja.


# snort -dev -l ./log -h 192.168.1.0/24

Rules ini akan menyimpan setiap data link dan TCP/IP header ke dalam direktory 'log' dan menyimpan setiap paket dari 192.168.1.0 kelas C network.

0 komentar:

Posting Komentar

 free web counter Counter Powered by  RedCounter